Model RPP HOTS 1 |
Assalamualaikum.
Direktur Jendral Pendidikan Islam telah mengeluarkan Surat Keputusan
Nomor 5164 tertanggal 19 September 2018
Tentang Petunjuk teknis penyusunan RPP Pada Madrasah.
Beberapa poin dalam surat keputusan tersebut antara lain:
A. Perencanaan
Perencanaan
pembelajaran adalah tahap pertama dalam pembelajaran yang diwujudkan dengan
kegiatan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). RPP merupakan
rencana pembelajaran yang dikembangkan secara rinci mengacu pada:
- Silabus,
- Kompetensi Dasar,
- Buku teks pelajaran, dan buku panduan guru.
- Ciri khas pembelajaran abad 21, yang meliputi:
a. Penguatan Pendidikan Karakter (PPK meliputi penguatan karakter moderasi
beragama atau keseimbangan dalam beragama atau Islam Wasathiyah, religius,
nasionalis, mandiri, gotong-royong dan integritas)
b. Literasi (literasi dasar
atau keluasan wawasan bacaan dan budaya, literasi media atau keluasan wawasan
dalam penggunaan media, literasi perpustakaan, literasi teknologi dan literasi
visual)
c. Merangsang tumbuhnya 4C (Critical
thinking atau merangsang tumbuhnya kemampuan siswa berfikir kritis, Collaborative
atau merangsang tumbuhnya kemampuan siswa untuk bekerjasama dengan berbagai
pihak, Creativity atau merangsang tumbuhnya kemampuan siswa berfikir kreatif
inovatif atau munculnya ide-ide baru orisinil, dan Communicative atau
merangsang tumbuhnya kemampuan siswa untuk mengomunikan pikiran dan ide-ide
yang dimilikinya)
d. High Order Thinking Skill (HOTS)
atau keterampilan mengaitkan komonen-komponen berfikir tingkat tinggi atau
mengaitkan antara pengetahuan dengan kompleksitas realitas kehidupan
sekitarnya.
5. RPP mencakup: (a)
identitas sekolah/madrasah, mata pelajaran, dan kelas/semester; (b) alokasi
waktu; (c) KI, KD, indikator pencapaian kompetensi; (d) materi pembelajaran;
(e) kegiatan pembelajaran; (f) penilaian; dan (g) media/alat, bahan, dan sumber
belajar.
B. Prinsip Penyusunan RPP
1. Setiap RPP harus secara
utuh memuat Kompetensi Dasar sikap spiritual (KD dari KI-1), sosial (KD dari KI-2),
pengetahuan (KD dari KI3), dan keterampilan
(KD dari KI-4);
2. Satu RPP dapat
dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau Iebih;
3. Penyusunan RPP sederhana,
maksudnya adalah penyusunan RPP menghindari uraian atau paparan berlebihan yang
justru mengaburkan gambaran realisasi pembelajaran yang akan dilaksanakan;
4. Penyusunan RPP menjamin tumbuhnya kreativitas guru dan peserta didik, artinya penyusunan RPP cukup memuat pokok-pokok yang diperlukan dalam pembelajaran yang memungkinkan guru mengembangkan kreativitas dalam merangsang tumbuhnya kreativitas peserta didik dalam pembelajaran. Sebaliknya penyusunan RPP bukan teks pembelajaran yang menjadikan guru terlalu terkungkung mengikuti Iangkah demi Iangkah yang menjenuhkan peserta didik melakukan pembelajaran;
4. Penyusunan RPP menjamin tumbuhnya kreativitas guru dan peserta didik, artinya penyusunan RPP cukup memuat pokok-pokok yang diperlukan dalam pembelajaran yang memungkinkan guru mengembangkan kreativitas dalam merangsang tumbuhnya kreativitas peserta didik dalam pembelajaran. Sebaliknya penyusunan RPP bukan teks pembelajaran yang menjadikan guru terlalu terkungkung mengikuti Iangkah demi Iangkah yang menjenuhkan peserta didik melakukan pembelajaran;
5. Penyusunan RPP
memperhatikan perbedaan individu peserta didik atau keberagaman kondisi belajar
setiap peserta didik. RPP disusun dengan memperhatikan perbedaan kemampuan
awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan
sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar
belakang budaya, norma, nilai, dan/atau Iingkungan peserta didik;
6. Penyusunan RPP berpusat
pada peserta didik atau cenderung memuat pokok-pokok aktivitas peserta didik
yang diharapkan dapat berjalan dalam pembelajaran. Proses pembelajaran
dirancang dengan berpusat pada peserta didik untuk mendorong motivasi, minat,
kreativitas, inisiatif, inspirasi, kemandirian, dan semangat belajar yang ada
pada peserta didik dengan menggunakan pendekatan saintifik meliputi mengamati,
menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan;
7. Berbasis konteks atau
situasi dan Iingkungan sekitar peserta didik.
Proses
pembelajaran yang menjadikan Iingkungan sekitarnya sebagai sumber belajar;
8. Berorientasi kekinian atau
perkembangan kehidupan yang terbaru. Pembelajaran yang berorientasi pada
pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan nilai-nilai kehidupan masa
kini;
9. Mengembangkan kemandirian
belajar peserta didik.
10. Memberikan umpan batik dan
tindak lanjut pembelajaran;
11. RPP memuat rancangan
pokok-pokok program pemberian umpan batik positif, penguatan, pengayaan, dan
remedi atau perbaikan belajar;
12. Memiliki keterkaitan dan
keterpaduan antar kompetensi dan/atau antar muatan. RPP disusun dengan
memperhatikan keterkaitan dan keterpaduan antara KI, KD, indikator pencapaian
kompetensi, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, dan sumber
belajar dalam satu keutuhan
pengalaman belajar;
13. RPP disusun dengan
mengakomodasikan pembelajaran tematik, keterpaduan lintas mata pelajaran,
lintas aspek belajar, dan keragaman budaya (terutama pada MI dan IPA, IPS
terpadu pada MTs, atau dapat dilakukan bila terdapat kompetensi lintas mata
pelajaran yang dapat diwujudkan dalam bentuk pembelajaran terpadu antarmata
pelajaran dalam satu tingkatan kelas, balk pada jenjang MI, MTs, ataupun MA );
14. Memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi;
15. Model RPP dapat berbentuk
bagan, uraian, atau bentuk lain yang sederhana namun cukup menggambarkan
skenario dan muatan pokok pembelajaran yang akan dijalankan peserta didik.
Dalam hal ini yang menjadi prinsip atau kunci utama adalah kelengkapan
komponennya atau telah memuat semua komponen yang diperlukan dalam penyusunan
RPP dan bukan memuat semua jabaran uraian isi setiap komponennya;
16. Guru diperbolehkan
mengembangkan RPP, namun tidak diperbolehkan mengurangi keberadaan komponen
yang sudah ditentukan.
17. Model RPP bersifat
praktis, artinya RPP hendaknya mudah dibaca dan mudah dipraktikan dalam
pembelajaran;
C.
Komponen
RPP
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Madrasah Mata
pelajaran/Tema :
Kelas/Semester Alokasi
Waktu :
I. Tujuan Pembelajaran.
Tujuan pembelajaran yang
dirumuskan berdasarkan KD, dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat
diamati dan diukur, yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan;
II. Kompetensi Dasar.
1.
KD pada KI-1
2.
KD pada KI-2
3.
KD pada KI-3
4.
KD pada KI-4
III. Indikator Pencapaian
Kompetensi.
1.
Indikator KD pada KI-1
(Agama dan PPKn)
2.
Indikator KD pada KI-2
(Agama dan PPKn)
3.
Indikator KD pada KI-3
4.
Indikator KD pada KI-4
Cara Penyusunan Indikator
a. indikator diturunkan dari
Komptensi Dasar (KD)
b. menggunakan kata kerta
operasional
c. jumlah indikator
tergantung pada kedalaman dan keluasan materi
d. satu indikator satu kata
kerja operasional
e. disusun secara prosedural
dari LOTS (Low Order Thinking Skils) sampai dengan HOTS (High Order Thinking
Skils)
IV. Materi Pembelajaran.
Materi pembelajaran, memuat informasi tentang pokok materi dan pokok sub materi
atau materi esensial yang berkaitan dengan fakta, konsep, prinsip, dan prosedur
yang relevan. Informasi tersebut dalam RPP cukup ditulis dalam bentuk
butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi,
selanjutnya dijelaskan sumber rujukan yang memuat materi pembelajaran yang
telah dikondisikan.
Kelengkapan materi pembelajaran
dapat dirujuk pada buku teks pelajaran, buku panduan guru, dan sumber belajar
Iainnya, misalnya internet atau media Iainnya, balk yang berupa muatan lokal,
materi kekinian, konteks pembelajaran dari Iingkungan sekitar yang
dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan
remedial.
V. Metode Pembelajaran.
Metode pembelajaran memuat informasi tentang metode yang digunakan dalam
pembelajaran sehingga terwujud suasana belajar dan proses pembelajaran yang
memungkinkan peserta didik dapat mewujudkan KD. Metode ini ditentukan dengan
mempertimbangkan karakteristik peserta didik dan KD, serta situasi dan kondisi
yang mungkin terjadi saat siswa belajar.
VI. Media/alat, Bahan, dan
Sumber Belajar. Komponen ini memuat informasi singkat jelas terkait media/alat
media yang akan dipergunakan pada pembelajaran.
1. Media/alat media
pembelajaran adalah alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi
pelajaran;
2. Sumber belajar adalah
segala sumber yang telah terbukti menyediakan informasi, data, fakta yang
sesuai dengan KD dan dapat dipelajari guna menunjang terwujudnya KD dalam
pembelajaran. Sumber belajar dapat berupa buku , media cetak dan elektronik,
alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan;
VII. Kegiatan Pembelajaran.
Komponen ini memuat pokok-pokok
kegiatan yang akan dilaksanakan pada setiap tahapan pembelajaran. Bila
dipandang perlu oleh guru membutuhkan penjelasan dalam memudahkan dirinya
melaksanakan pembelajaran, maka pokok-pokok kegiatan dimaksud dapat diberi penjelasan
tambahan yang bersifat praktis. Namun demikian guru tidak diwajibkan memberikan
penjelasan tambahan praktis pada setiap pokok kegiatan yang dirancang.
Kegiatan pembelajaran dapat
disusun atas beberapa pertemuan sebagai berikut:
1. Pertemuan Pertama: (...JP)
a. Kegiatan Pendahuluan
b. Kegiatan Intl (menggunakan
pendekatan saintifik yang diintegrasikan dengan metode pembelajaran dan
pembelajaran abad 21)
c. Kegiatan Penutup
2. Pertemuan Kedua: (...JP)
a.
Kegiatan Pendahuluan
b.
Kegiatan Inti
c.
Kegiatan Penutup
3. Pertemuan seterusnya.
VIII. Penilaian, Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan Komponen ini memuat informasi terkait teknik, instrumen
penilaian, dan strategi pembelajaran remedial dan pengayaan bila terjadi
ketidak tuntasan peserta didik yang akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
Berdasarkan uraian di atas, maka komponen ini terdiri atas;
1. Teknik penilaian
2. Instrumen penilaian
a.
Pertemuan Pertama
b.
Pertemuan Kedua
c.
Pertemuan seterusnya
3. Pembelajaran Remedial dan
Pengayaan Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.
Borgata Hotel Casino and Spa in Atlantic City | Dr.MCD
BalasHapusBorgata Hotel Casino and Spa. 1 창원 출장안마 Borgata Way, 과천 출장안마 Atlantic 동해 출장안마 City, NJ 08401. The casino offers the best in amenities 구미 출장샵 and 아산 출장샵 entertainment,